Wednesday 17 April 2013

Benarkah 7 Grup Ini Lakukan 'Copy Cat' Terhadap Para Idola K-Pop?

Industri hiburan di Korea Selatan memang memiliki ciri khas original dan ide-idenya yang cemerlang, termasuk pada saat mereka akan membentuk sebuah grup idola k-pop. Tak heran jika kreativitas mereka membuat gelombang k-pop bisa mendunia. Saking mendunianya, beberapa orang di berbagai negara bahkan diduga meniru alias melakukan aksi ‘copy cat’ para grup idola k-pop tersebut demi bisa meraih popularitas yang sama. Berikut 7 grup idola k-pop yang kabarnya pernah jadi 'korban' copy cat:

1. Super Junior


Popularitas Super Junior saat mempromosikan album Mr. Simple terbukti sangat dahsyat sehingga membuat salah satu grup di China bernama China’s Super Boys super niat meniru Leeteuk dkk, mulai dari penamilan, kostum, hingga konsep warna dalam album Mr. Simple!

2. 2NE1

Grup asal Thailand bernama Candy Mafia dituduh melakukan copy cat terhadap girlband bentukan YG Entertainment, 2NE1 setelah diketahui bahwa konsep dan fashion mereka mirip dengan 2NE1, begitu juga dengan jumlah membernya. Video musik (MV) mereka yang berjudul Mafia juga disebut adalah hasil plagiat MV 2NE1 yang berjudul Fire karena memiliki konsep dan scene yang hampir sama.

3. Big Bang

Sama dengan Super Junior, tahun 2009, Allkpop pernah memberitakan mengenai salah satu grup yang juga berasal dari China bernama Ok-Bang telah meniru Big Bang. Salah satu video musik dari Ok-Bang benar-benar mirip dengan MV Big Bang yang berjudul Last Farewell. Meski pers China mengabarkan bahwa Ok-Bang hanya mengambil sistem training yang sama dengan Big Bang, namun tetap saja para netizen menuduh mereka telah melakukan copy cat karena lagu yang dinyanyikan Ok-Bang mirip dengan Big Bang.

4. Wonder Girls


Masih di tahun yang sama, yaitu tahun 2009 di mana pada saat itu Wonder Girls sedang berada di puncak popularitasnya, sebuah grup dari Cambodia bernama RHM diberitakan oleh Allkpop telah melakukan copy cat terhadap Wonder Girls.

Dengan nekat, RHM ‘mencuri’ koreografi dan konsep dar2 single hits Wonder Girls, yaitu Tell Me dan Nobody tanpa terikat kontrak apapun dengan agensi Wonder Girls, JYP Entertainment.


5. B1A4

Juli 2012 lalu sebuah grup dari China bernama Fighters menghebohkan netizen Korea setelah diketahui telah meniru B1A4. Dilansir soompi, konsep photoshoot dan kostum yang dikenakan oleh Fighters benar-benar sama dengan apa yang dikenakan oleh B1A4.


Foto perbandingan antara B1A4 dan Fighters pun sempat beredar di dunia maya yang semakin menguatkan dugaan bahwa Fighters mengikuti semua aktivitas B1A4 dan hasilnya, Fighters ‘sukses’ menyamakan diri mereka dengan B1A4.


6. B2ST

Tahun 2010 lalu, para B2UTY (fans B2ST) dibuat heboh dengan kemunculan grup asal Vietnam bernama HKT ft HKT M yang disebut-sebut meniru B2ST karena gaya nya yang sama. Dengan jumlah yang sama seperti B2ST yaitu 6 orang, mereka menirukan koreografi dari salah satu lagu B2ST yang berjudul Mistery dan juga kostum yang mirip dalam video musiknya. Lirik lagunya pun ternyata juga mirip dengan lirik rap dalam lagu B2ST tersebut.

7. SNSD
sepertinya SNSD menjadi grup idola di Korea yang memiliki banyak ‘pengikut’. Pasalnya, di Taiwan ada grup idola wanita bernama Super 7 yang konsep dan kostumnya mirip dengan SNSD. Salah satunya adalah kostum mereka yang mirip denga kostum dalam single Hoot milik SNSD. Dilansir dari berita Allkpop, Super 7 yang membantah bahwa telah meniru SNSD bahkan pernah menuduh Taeyeon dkk melakukan operasi plastik.

Selain Taiwan, sebuah grup wanita asal China bernama Idol Girls juga disebut telah meniru SNSD setelah diketahui bahwa Idol Girls mengenakan kostum yang sama dengan kostum SNSD saat mempromosikan single Genie (Tell Me Your Wish). Meski membantahnya, namun Idol Girls terus mendapatkan feed back negatif dari para netizen.


Gimana menurut kalian, Dreamers? Apakah mereka benar-benar melakukan ‘copy cat’ atau hanya terinspirasi?

No comments:

Post a Comment